Profil

Foto Saya
Tarakan, Kalimantan Timur bag Utara, Indonesia
Sarana Menggapai cita-cita hakiki dan sebagai pewaris amal jariyah bagi persyarikatan dan kedua orang tua

Sabtu, 21 Agustus 2010

Buka Puasa Bersama

Assalamu'alaikum, Wr, Wb...

Emmm... Pesantren kilat udah berakhir, tapi bukan berarti kegiatan SD MUDA dibulan Ramadhan ini juga berakhir juga... Hari ini, tepatnya tanggal 21 Agustus 2010 SD MUDa mengadakan buka puasa bersama yang diikuti oleh seluruh guru-guru dan pegawai SD MUDA serta siswa siswi kelas 4-6. Anak-anak diwajibkan membawa mukenah ( Bagi yang putri ) dan membawa bekal masing-masing untuk buka puasa.

Anak-anak diwajibkan turun sebelum shalat Ashar, agar dapat melaksanakan shalat ashar secara berjamaah di Mesjid Al-Amin.

Setelah melaksanakan shalat Ashar, anak-anak kembali kesekolah untuk menerima beberapa materi. Hemmm... Materinya tak berupa ceramah saja loh, tapi anak-anak lebih banyak ditontonkan film. Tapi, sebelum anak-anak nonton film, Pak Rahman membahas tentang surah Al-Fatihah. Dimana, anak-anak menjadi tahu, apa makna dibalik surah itu. Pak Rahman juga menjelaskan, bahwa kita harus mengerti apa arti surah Al-Fatihah sehingga shalat kita bisa Khusuk.

Selanjutnya, saatnya anak-anak nonton Film tentang Impian dan Cita-cita. Sungguh luar biasa, film yang ditontonkan dapat membangkitkan semangat untuk kita tak ragu-ragu dalam menentukan cita-cita. Pokoknya, masih banyak lagi yang ditonton oleh anak-anak. Insya Allah semua bermanfaat.

Ketika menjelang buka puasa, semua siswa, guru dan pegawai berkumpul bersama untuk menanti buka puasa. Anak-anak mulai membuka bekal yang mereka bawa. Membentuk kelompok masing masing untuk saling berbagi dan memberi bekal yang mereka bawa.

Waktunya berbuka..... Semua membaca doa bersama, dan menyantap makanan yang sudah tersedia didepan mata. Alhamdulillah, sampai juga puasa hari ini. Sungguh suasana kekeluargaan sangat menyatu. Semua nampak memancarkan wajah gembira. Bahagia melihat suasana yang penuh keakraban. suasana seperti ini akan selalu dirindukan.

Hemmmm... Alhamdulillah, Perut udah lumayan kenyang. semua segera ke mesjid untuk shalat magrib berjamaah. Siswa siswi diperbolehkan pulang setelah melaksanakan shalat magrib.

Nah, setelah shalat magrib, baru deh para guru dan pegawai sekolah menyantap menu makan malam. Menu yang luar biasa, sungguh menggiurkan. Tapi tetap menyantap makanan ala kadarnya sesuai porsi perut. Teringat Sabda Rasul: "Kami adalah sebuah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak terlalu banyak (tidak sampai kekenyangan)." Semoga itu menjadi pegangan buat kita agar kesehatan tetap selalu terjaga.

Suasana makan bersama sungguh penuh rasa kekeluargaan. Silaturrahmi semakin erat. canda tawa merias diwajah. Inilah buka puasa bersama pertama pada bulan ramadhan tahun ini. Sungguh, kesyukuran dan Nikmat yang luar biasa. Syukron ya Rabb....



Kamis, 19 Agustus 2010

Kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan Tahun 2010


Ustadz Rahman terlihat akan memberi tontonan kepada anak-anak tentang cara Wudhu, Tayamum, dan mandi Wajib yang benar






Mempraktikkan cara berwudhu..........


Anak-anak diajak untuk bernyanyi bersama

Ibu Susi nampak akan memulai materi yang ingin disampaikannya

Bu Lulu mengajak anak-anak untuk berperan aktif dalam materi yang disampaikannya

Ustadz Ayub menceritakan kepada anak-anak tentang suatu kisah pada Zaman Rasulullah SAW



Suasana ketika mendengarkan materi yang disampaikan


Anak-anak nampak aktif mencatatat poin-poin penting yang

Pesantren Kilat Ramadhan 1431 H

1.1 Spanduk Pesantren kilat SD MUDA Tarakan

AssaLamu'aLaikum, Wr, Wb...

Hai Sahabat MuDa, Pa Kabar Ne..?? Masih tahan puasa kan?? Semoga baik ya... dan puasanya juga Lancar. Amin... eitz... puasa-puasa gini jangan loyo ya, tetap harus semangat...!!!!

Oea, Walau bulan puasa gini, anak-anak SD MUDA tetap aktif sekolah loh, setelah sempat libur selama kurang lebih 1 minggu dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan, Senin kemaren siswa siswa SD MUDA kembali mulai aktif belajar. Eitz, tapi khusus kelas 4 - 6 Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) diganti dengan Pesantren Kilat. Tema yang di ambil yaitu “Dengan pesantren kilat membentuk pribadi anak yang yang berakhlaqul karimah, berkualitas dalam iman dan taqwa" yang bertempat di SD Muhammadiyah 2 Tarakan.

Loh? truz kelas 1 - 3 gimana? Libur Dunk..??
Hemm... Ya enggak dunk, kelas 1 - 3 tetap aktif belajar seperti biasa. Walau kakak kelasnya aktif mengikuti Pesantren kilat, mereka juga tetap aktif belajar dikelas, agar tidak ketinggalan materi. Rugi kan kalau ketinggalan materi pelajaran disekolah. ^_^


1.2 Suasana Kelas 3 yang tetap aktif belajar


Berapa Lama sih Pelaksanaannya..??
Pesantren Kilat ini dilaksanakan mulai hari rabu - jum'at yang bertepatan dengan tanggal 18 - 20 Agustus 2010. Nggak lama kok, cuma 3 hari aja. Waktu pelaksanaan mulai jam 08.00 – 12.00 ( Nggak sampe sore kok ).

Siapa saja yang menjadi pematerinya..??
Oea... Pesantren Kilat tahun ini tidak menghadirkan Pemateri dari Luar sekolah melainkan memanfaatkan tenaga pengajar yang ada di SD MUDA ini. Beberapa Guru diberi kepercayaan dan kesempatan untuk menyampaikan materi yang telah ditetapkan oleh panitia. Materi yang disampaikan tentunya materi-materi yang sangat menarik untuk dibahas dan sangat bermanfaat untuk anak-anak. Lumayanlah untuk menambah ilmu anak-anak.



1.3 Salah satu pemateri yang menyampaikan materi tentang Pola Hidup Sehat Islam

Apa aja materi yang disampaikan…???

Lumayan banyak materi yang disampaikan oleh para Guru selaku pemateri. Anak-anak diajarin bagaimana Wudhu, tayamum, dan mandi wajib yang benar sekaligus mempraktekannya loh, walau tidak menggunakan air sungguhan. Ada juga materi yang berjudul Pola Hidup sehat, dimana anak-anak diajarkan dan diajak untuk memperbaiki kehidupan yang tidak sehat menjadi sehat, tentu saja seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Tidak hanya itu, karena puasa waktu break digunakan untuk menonton film kartun yang berbau islam. Anak-anak juga diceritakan banyak tentang sejarah-sejarah islam. Pokoknya, masih banyak lagi deh materi yang disampaikan.


Bagaimana suasana Pesantren kilatnya?

Walau dalam keadaan puasa, nampak anak-anak tetap semangat mengikuti materi. Apalagi jika si Pemateri meyelingi dengan nonton film, wah… anak – anak makin semangat tuh… setiap pemateri mempunyai cara tersendiri dalam mengendalikan suasana. Tidak hanya Pemateri saja yang aktif tapi anak-anak juga ikut berperan aktif. Anak-anak terlihat antusias mengikuti materi. Nampak mereka mencatat setiap poin-poin penting yang disampaikan oleh para pemateri.


1.4 Suasana pesantren kilat

Nah, udah tau kan tentang pesantrean kilat yang diadakan SD MUDA.... bagi yang mau lihat-lihat foto selama pesantren kilat, silahkan buka Lebels GALERI ya...

Salam MANIS...^_^

Wassalam...