Profil

Foto saya
Tarakan, Kalimantan Timur bag Utara, Indonesia
Sarana Menggapai cita-cita hakiki dan sebagai pewaris amal jariyah bagi persyarikatan dan kedua orang tua

Sabtu, 21 Agustus 2010

Buka Puasa Bersama

Assalamu'alaikum, Wr, Wb...

Emmm... Pesantren kilat udah berakhir, tapi bukan berarti kegiatan SD MUDA dibulan Ramadhan ini juga berakhir juga... Hari ini, tepatnya tanggal 21 Agustus 2010 SD MUDa mengadakan buka puasa bersama yang diikuti oleh seluruh guru-guru dan pegawai SD MUDA serta siswa siswi kelas 4-6. Anak-anak diwajibkan membawa mukenah ( Bagi yang putri ) dan membawa bekal masing-masing untuk buka puasa.

Anak-anak diwajibkan turun sebelum shalat Ashar, agar dapat melaksanakan shalat ashar secara berjamaah di Mesjid Al-Amin.

Setelah melaksanakan shalat Ashar, anak-anak kembali kesekolah untuk menerima beberapa materi. Hemmm... Materinya tak berupa ceramah saja loh, tapi anak-anak lebih banyak ditontonkan film. Tapi, sebelum anak-anak nonton film, Pak Rahman membahas tentang surah Al-Fatihah. Dimana, anak-anak menjadi tahu, apa makna dibalik surah itu. Pak Rahman juga menjelaskan, bahwa kita harus mengerti apa arti surah Al-Fatihah sehingga shalat kita bisa Khusuk.

Selanjutnya, saatnya anak-anak nonton Film tentang Impian dan Cita-cita. Sungguh luar biasa, film yang ditontonkan dapat membangkitkan semangat untuk kita tak ragu-ragu dalam menentukan cita-cita. Pokoknya, masih banyak lagi yang ditonton oleh anak-anak. Insya Allah semua bermanfaat.

Ketika menjelang buka puasa, semua siswa, guru dan pegawai berkumpul bersama untuk menanti buka puasa. Anak-anak mulai membuka bekal yang mereka bawa. Membentuk kelompok masing masing untuk saling berbagi dan memberi bekal yang mereka bawa.

Waktunya berbuka..... Semua membaca doa bersama, dan menyantap makanan yang sudah tersedia didepan mata. Alhamdulillah, sampai juga puasa hari ini. Sungguh suasana kekeluargaan sangat menyatu. Semua nampak memancarkan wajah gembira. Bahagia melihat suasana yang penuh keakraban. suasana seperti ini akan selalu dirindukan.

Hemmmm... Alhamdulillah, Perut udah lumayan kenyang. semua segera ke mesjid untuk shalat magrib berjamaah. Siswa siswi diperbolehkan pulang setelah melaksanakan shalat magrib.

Nah, setelah shalat magrib, baru deh para guru dan pegawai sekolah menyantap menu makan malam. Menu yang luar biasa, sungguh menggiurkan. Tapi tetap menyantap makanan ala kadarnya sesuai porsi perut. Teringat Sabda Rasul: "Kami adalah sebuah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak terlalu banyak (tidak sampai kekenyangan)." Semoga itu menjadi pegangan buat kita agar kesehatan tetap selalu terjaga.

Suasana makan bersama sungguh penuh rasa kekeluargaan. Silaturrahmi semakin erat. canda tawa merias diwajah. Inilah buka puasa bersama pertama pada bulan ramadhan tahun ini. Sungguh, kesyukuran dan Nikmat yang luar biasa. Syukron ya Rabb....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar